PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) SISWA KELAS V MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI SDN 14 PADANG LAWEH

Penulis

  • Deni Fitri Yanti
  • Nurharmi .
  • Hendrizal .

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil berajar PKn siswa kelas V di SDN 14 Padang Laweh yang disebabkan guru lebih dominan menggunakan metode ceramah, sedangkan tidak semua materi pelajaran dapat diajarkan dengan metode ceramah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar Pkn melalui metode bermain peran. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi kemampuan bermain peran siswa kelas V SDN 14 Padang Laweh masih rendah, penyebabnya adalah metode ini jarang digunakan dalam pembelajaran PKn. Atas dasar tersebut, maka peneliti mengadakan penelitian pada bidang studi PKn dengan menggunakan metode bermain peran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class action research) yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merancang, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif, tujuannya untuk memperbaiki kinerja dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan metode bermain peran. Dengan hasil peningkatan aktivitas siswa pada siklus I 72% meningkat pada siklus II menjadi 77%. Sementara itu peningkatan hasil nilai rata-rata siswa pada siklus I 52,94 meningkat pada siklus II menjadi 80,58. Dapat disimpulkan, pembelajaran PKn melalui metode bermain peran pada siswa kelas V SDN 14 Padang Laweh dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: Aktivitas, hasil, bermain peran, PKn.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-19