THE WAY TO MAKE ENGLISH LEARNING PROCESS BE FUN, ENJOYABLE AND MEANINGFUL FOR CHILDREN THROUGH STORYTELLING
Abstrak
Pengajar Bahasa Inggris di SDN di negara kita sesungguhnya banyak yang tidak mengerti tentang apa yang harus diterapkan agar siswa tertarik untuk mempelajari Bahasa Inggris. Situasi ini mempengaruhi kualitas program Bahasa Inggris di sekolah-sekolah dan menurunnya ketertarikan siswa khususnya siswa Sekolah Dasar dalam mempelajari Bahasa Inggris. Untuk memenuhi sasaran pembelajaran Bahasa Inggris, storytelling dapat memberikan pengalaman dengan modus penafsiran untuk anak-anak, bahkan pada tahap awal akuisisi bahasa. Pada tahap ini sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan speaking anak melalui cara yg menyenangkan dan tidak membosankan dengan memilih cerita yang akrab bagi mereka mencakup kosakata mewakili rumah dan lingkungan. Ketika storytelling sudah memenuhi criteria tersebut, itu akan jauh lebih mudah bagi siswa untuk membuat makna yang jelas karena cerita-cerita itu berhubungan dengan lingkungan kehidupan nyata. Di sisi lain, aktifitas dalam storytelling mampu membantu siswa untuk meningkatkan kosakata baru, meningkatkan keberanian siswa, dan melatih siswa agar lebih kompetitif dalam belajar Bahasa Inggris. Siswa diminta bercerita dan diberikan pertanyaan atau kuis beserta hadiah untuk yang berani menjawab pertanyaan tentang kosakata yang ada dalam cerita. Dengan demikian disimpulkan bahwa aktifitas storytelling dapat membantu guru dalam mengenalkan kosakata baru dan meningkatkan kemampuan speaking siswa dengan cara yang menarik sehingga siswa mau berlatih untuk berbicara dan berkompetisi.
Kata kunci : classroom management, speaking, vocabulary, contexts,