PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO PADA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VIII SMPN 3 PULAU PUNJUNG

Penulis

  • Maria Ulfa
  • . Nurharmi
  • Sismai Herni

Abstrak

Abstrak  

Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan proses pembelajaran siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio.Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif menghasilkan data-data deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa SMPN 3 Pulau Punjung 2012/2013, terdiri dari kelas VII, VIII,IXyang berjumlah 262 orang siswa. Sampelnya kelas VIII.a karena kelas ini memiliki nilai UH 1 dibawah standar KKM yang ditetapkan yaitu 70.Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan guru, hasil tes pembelajaran dalam penerapan model pembelajaran berbasis portofolio. Hasil observasi  kemampuan siswa mengidentifikasi masalah pada kelas VIII.a pertemuan I 46,4%, pertemuan II 64,3% dan pertemuan III 82,1%. Kemampuan siswa  bekerjasama dalam kelompok juga mengalami peningkatan dari pertemuan I 60,7%, pertemuan II 75% dan pertemuan III 85,7%. Kemampuan siswa menyusun dan menyimpulkan informasi pertemuan I 46,4% pertemuan II 60,7% dan III 71,4%. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan setelah diterapkan model pembelajaranBerbasis Portofoliodikategorikan sangat baik, karena terdapat peningkatan disetiap pertemuan.Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio ini  sehingga dapat meningkatkan keaktifan, kreativitas dan minat belajar siswa.

Kata kunci: penerapan, portofolio, PKn


##submission.downloads##

Diterbitkan

2014-03-14