PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED DISCOVERY DI KELAS III SDN 12 KAMPUNG LAPAI KECAMATAN NANGGALO KOTA PADAN
Abstrak
 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas peserta didik mengembangkan kemampuan berpikirnya untuk memperoleh pengetahuan yang baru. Proses pembelajaran di dalam kelas diarahkan pada kemampuan peserta didik untuk menyelesaikan soal-soal dalam buku paket, akibatnya aktivitas siswa rendah untuk mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan, mendeskripsikan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat Discovery, dan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada pembelajaran Matematika dengan Metode Guided Discovery.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 29 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru dan tes.
Berdasarkan hasil analisis lembar observasi aktivitas siswa siklus I, diperoleh rata-rata persentase sebagai berikut: indikator siswa mengajukan pertanyaan 60%, mengemukakan pendapat 44%, memecahkan masalah 40%. Sedangkan siklus II, indikator siswa mengajukan pertanyaan 86%, mengemukakan pendapat 76%, memecahkan masalah 77%. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa baru mencapai 65% dan nilai rata-rata 60,20, sedangkan siklus II, persentase ketuntasan belajar siswa sudah 86% dan nilai rata-rata 70,61. Peningkatan itu berarti pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan menggunakan Metode Guided Discovery di kelas III SDN 12 Kampung Lapai, berjalan baik.
Â
Kata Kunci: Peningkatan, Hasil, Guided Discovery