PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM IKLAN DI RCTI

Penulis

  • Sri Rahayu
  • Yetty Morelent
  • . Gusnetti

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa yang ada di dalam iklan televisi RCTI. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Gorys Keraf (1990) yang membahas tentang diksi dan gaya bahasa, Burhan Bungin (2011) yang membahas tentang kontruksi sosial media massa, dan Henry Guntur Tarigan (2009) yang membahas tentang pengajaran gaya bahasa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pemakaian gaya bahasa kiasan dan gaya bahasa retoris. Untuk gaya bahasa kiasan ditemukan : (1) gaya bahasa personifikasi sebanyak 11 buah data, (2) gaya bahasa  sinokdoke ditemukan sebanyak 2 buah data, sedangkan gaya bahasa retoris ditemukan : (1) gaya bahasa hiperbola ditemukan sebanyak 15 buah data, (2) gaya bahasa paralelisme ditemukan sebanyak 3 buah data. Gaya bahasa yang tidak ditemukan adalah gaya bahasa perbandingan, gaya bahasa metafora, gaya bahasa allegori, gaya bahasa pleonasme, gaya bahasa tautology, gaya bahasa paradoks, gaya bahasa klimaks. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan gaya bahasa yang paling dominan digunakan dalam iklan di RCTI adalah gaya bahasa hiperbola, karena iklan merupakan suatu proses komunikasi yang bertujuan untuk mengambil tindakan bagi pihak pembuatan iklan.

Kata kunci : Penggunaan gaya bahasa, Iklan di RCTI

##submission.downloads##

Diterbitkan

2014-03-14