PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII.2 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION DI SMP N 1 SOLOK SELATAN

Penulis

  • . Maswardi
  • M. Nursi
  • . Pebriyenni

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunaan  model Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.2 pada pembelajaran PKn di SMP N 1 Solok Selatan. Hal ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn yang selama ini proses pembelajaran hanya berpusat kepada guru, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilkukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 24 orang. Instrumen penelitian adalah lembar observasi pelaksanaan pembelajaran aspek guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Hasil analisis data, diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunaan model GI mencapai kualitas baik (yakni 70). Dengan demikian maka diperoleh: 1) Hasil belajar siswa pada ranah kognitif mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dimana  ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu 6 orang siswa dengan persentase 25 meningkat pada siklus II menjadi 20 orang siswa, dengan persentase 83. 2) Hasil belajar siswa pada ranah afektif meningkat dari siklus I ke siklus II. Jumlah siswa yang mampu mencapai nilai KKM pada siklus I yaitu 11 orang dengan persentase 45,84 menjadi 19 orang siswa dengan persentase 79,17 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui model GI. Dari kesimpulan ini, disarankan kepada guru untuk menggunakan model GI untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Group Investigation, dan Pembelajaran PKn

##submission.downloads##

Diterbitkan

2014-03-14