KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII-5 DALAM MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN OBJEK LANGSUNG DI SMPN 30 PADANG

Penulis

  • Susri Susanti
  • Yetty Morelent
  • Elvina A. Saibi

Abstrak

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan tema, diksi, nada, dan suasana dalam menulis puisi dengan menggunakan objek langsung siswa kelas VIII-5 SMPN 30 Padang yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh (1) Abdurrahman dan Elya Ratna mengenai evaluasi, (2) M. Atar Semi mengenai diksi, dan (3) Herman J. Waluyo tentang puisi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Hasil analisis membuktikan bahwa siswa mampu menulis puisi dengan menggunakan teknik objek langsung melalui empat aspek : tema, diksi, nada, dan suasana. Penulis menyimpuilkan nilai rata-rata siswa pada aspek tema (81,3%), diksi (73,1%), nada  (75,1%), dan suasana (80%). Dengan demikian, dari analisis diperoleh bahwa kemampuan menulis puisi dengan menggunakan teknik pengamatan objek langsung siswa kelas VIII-5 SMPN 30 Padang tergolong baik (77,9%).

 

Kata kunci : Kemampuan Menulis Puisi, Objek Langsung

##submission.downloads##

Diterbitkan

2014-03-14