PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX.A PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL MIND MAPPING DI SMPN 5 SOLOK SELATAN
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn, yang selama ini proses pembelajaran berpusat kepada guru. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan pengetahuan, pemahaman, analisi, dan sikap siswa mengenai materi otonomi daerah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX.A SMPN 5 Solok Selatan yang berjumlah 21 orang. Instrumen penelitian adalah lembar observasi guru, lempar penilaian hasil belajar siswa, dan tes. Hasil analisis data, diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunaan model Mind Mapping mencapai kualitas baik (yakni 70). Disamping itu peneliti juga menemukan bahwa: 1) Hasil ketuntasan belajar siswa ranah kognitif (pengetahuan) pada siklus I sebanyak 10 orang (48%) menjadi 18 orang (85%) pada siklus II. 2) Hasil ketuntasan belajar siswa ranah kognitif (pemahaman) pada siklus I sebanyak 6 orang (29%) menjadi 14 orang (67%) pada siklus II. 3) Hasil ketuntasan belajar siswa ranah kognitif (analisis) pada siklus I sebanyak 5 orang (24%) menjadi 17 orang (681%) pada siklus II. 4) Hasil belajar siswa pada ranah afektif (sikap) pada siklus I rata-rata perolehan skor 69,20%, meningkat menjadi 80,65% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunaan model Mind Mapping. Dari kesimpulan ini, disarankan kepada guru untuk menggunakan model Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn.
Kata Kunci: Hasil Belajar, model Mind Mapping dan Pembelajaran PKn