MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA KELAS 1X DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGRAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DI SMPN 10 SOLOK SELATAN

Penulis

  • . Samsidar
  • M. Nursi
  • . Pebriyenni

Abstrak

Abstrak

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas siswa kelas IX dalam mengikuti proses pembelajaran PKn di SMPN 10 Solok Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dengan model pembelajaran Cooperative Script di SMPN 10 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IX.3 berjumlah 22 orang. Sedangkan Instrumen penelitian ini digunakan lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa.

Dari hasil analisis data pelaksanaan strategi Cooperative Script dalam pembelajaran PKn mencapai kualitas baik (yakni 70%). Disamping itu peneliti juga menemukan bahwa: a) Persentase siswa mengajukan pertanyaan pada siklus I adalah 47,73% menjadi 77,26% pada siklus II, b) Persentase siswa yang menjawab pertanyaan pada siklus I adalah 47,72% menjadi 77,27% pada siklus II, c) Persentase siswa yang berkomentar pada siklus I adalah 45,45% menjadi 74,55% pada siklus II, dan d) hasil ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu 6 orang siswa  (27%) menjadi 16 orang siswa (72,72%) pada siklus II.

Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pkn menggunakan model Cooperative Script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan guru dapat menggunakan model pembelajaran Cooperative Script sebagai salah satu alternatif dalam menciptakan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan.

 

Kata Kunci: Pembelajaran PKn, Aktivitas, Model Pembelajaran Cooperative Script

##submission.downloads##

Diterbitkan

2014-03-14