PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IVB DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SDN 15 TANJUNG PONDOK, TAPAN
Abstrak
Selama ini dalam proses pembelajaran PKn, peneliti belum menanamkan pemahaman kepada siswa, sehingga pada saat siswa diminta menyelesaikan pertanyaan, siswa belum dapat melakukan secara maksimal. Aktivitas yang peneliti lakukan lebih dominan dibandingkan aktivitas yang dilakukan siswa. Untuk itu digunakan tindakan dengan menggunakan model Problem Based Learning.
Tujuan penelitian adalah guna mengetahui peningkatan hasil belajar PKn siswa. Hipotesis tindakan pada penelitian ini, yaitu model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IVB SDN 15 Tanjung Podok Tapan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 15 Tanjung Pondok Tapan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar.
Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan model Problem Based Learning. Dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa, pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 63,25. Siklus II rata-rata hasil belajar diperoleh 73,5.
Dengan demikian dapat disimpulkan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn. Selanjutnya bagi rekan sejawat dapat pula turut menerapkan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil pembelajaran khususnya pada PKn.
Â
Kata kunci: Hasil, PKn, Problem Based Learning