MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII.B DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DI SMPN 5 KABUPATEN SOLOK SELATAN

Penulis

  • Erni Z
  • Muhammad Nursi
  • Muslim .

Abstrak

Penelitian  ini  dilatarbelakangi  oleh  rendahnya  hasil  belajar  siswa  kelas  VIII  B. SMPN 5 Kabupaten Solok Selatan. Tujuan  penelitian  ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas VIII B. SMPN 5 Kabupaten Solok Selatan  yang mencakup  aspek  pengetahuan,  pemahaman,  dan  sikap  positif  yang  relevan dengan  model  pembelajaran  Think  Pair  Share  (TPS).  Penelitian  ini  adalah  penelitian tindakan  kelas. Subjek  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas VIII B  dengan  jumlah 20  orang. Sedangkan  teknik pengumpulan data yang digunakan adalah  teknik observasi dan  tes. Dari hasil analisis data hasil belajar tentang “Sistem Pemerintahan Indonesia dan Peran Lembaga Negara  sebagai  Pelaksanaan  Kedaulatan  Rakyat”    terlihat  bahwa  persentase  siswa  yang
mencapai KKM dari aspek pengetahuan dapat ditingkatkan dari 55 % pada siklus I menjadi 85%  pada  siklus  II. Sedangkan  pada  aspek  pemahaman meningkat  dari  40% pada  silus  I menjadi  80%  pada  siklus  II.  Selanjutnya  dari  aspek  sikap,  yaitu  sikap  penerimaan  siswa terhadap Sistem Pemerintahan  Indonesia meningkat  dari  65%  pada  siklus  I menjadi  80% pada  siklus  II,  sementara dari  sikap komitmen  terhadap kedaulatan  rakyat meningkat dari 75% pada  siklus  I menjadi 90% pada  siklus  II. Oleh  karena  itu, hasil belajar  siswa Kelas VIII  B  SMPN  5 Kabupaten  Solok  Selatan  tentang  “Sistem  Pemerintahan  Indonesia  dan Peran Lembaga Negara sebagai Pelaksanaan Kedaulatan Rakyat” dalam pembelajaran PKn
cenderung dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS).  


Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran PKn, dan Think Pair Share (TPS).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2014-03-15