MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII.B DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DI SMPN 5 KABUPATEN SOLOK SELATAN
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII B. SMPN 5 Kabupaten Solok Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas VIII B. SMPN 5 Kabupaten Solok Selatan yang mencakup aspek pengetahuan, pemahaman, dan sikap positif yang relevan dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dengan jumlah 20 orang. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Dari hasil analisis data hasil belajar tentang “Sistem Pemerintahan Indonesia dan Peran Lembaga Negara sebagai Pelaksanaan Kedaulatan Rakyat” terlihat bahwa persentase siswa yang
mencapai KKM dari aspek pengetahuan dapat ditingkatkan dari 55 % pada siklus I menjadi 85% pada siklus II. Sedangkan pada aspek pemahaman meningkat dari 40% pada silus I menjadi 80% pada siklus II. Selanjutnya dari aspek sikap, yaitu sikap penerimaan siswa terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia meningkat dari 65% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II, sementara dari sikap komitmen terhadap kedaulatan rakyat meningkat dari 75% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. Oleh karena itu, hasil belajar siswa Kelas VIII B SMPN 5 Kabupaten Solok Selatan tentang “Sistem Pemerintahan Indonesia dan Peran Lembaga Negara sebagai Pelaksanaan Kedaulatan Rakyat” dalam pembelajaran PKn
cenderung dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS).
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran PKn, dan Think Pair Share (TPS).