EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 4 KOTO XI TARUSAN

Penulis

  • Resti Rahmawati

Abstrak

Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 4 Koto XI Tarusan ini disebabkan oleh siswa jenuh terhadap proses pembelajaran dan siswa hanya dapat mengerjakan soal yang mirip dengan contoh yang diberikan oleh guru serta siswa masih malu bertanya apabila ada materi yang belum mereka pahami. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan pembelajaran pendekatan pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan pembelajaran pendekatan pemecahan masalah.

Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimental denngan rancangan penelitiannya adalah one shot case study. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 4 Koto XI Tarusan dengan sampel penelitiannya adalah kelas VIII1 yang dipilih secara purposive sampling. Isntrumen dari penelitian ini adalah kuis dan tes akhir.

Berdasarkan hasil analis data yang telah dilakukan didapatkan bahwa hasil belajar siswa cenderung meningkat, ini dilihat dari pelaksanaan kuis yang dilakukan pada tiap pertemuan selalu ada peningkatan hasil belajar siswa. Pada pelaksanaan tes akhir hasil belajar siswa cukup memuaskan yaitu persentase siswa yang tuntas adalah 66,67% siswa yang tuntas sebanyak 20 orang dari 30 orang siswa yang mengikuti tes akhir dan dengan rata-rata nilai siswa sebesar 75,6.

Dari proses penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah ini, hasil belajar siswa menjadi lebih baik dibandingkan dengan sebelum menggunakan pembelajaran pendekatan pemecahan masalah. Tingkat pemahaman materi siswapun jadi lebih baik, ini dilihat dari banyaknya siswa yang tuntas setelah penelitian dilakukan lebih dari 50%.

Key word : Kuis, Hasil, Pendekatan Pemecahan Masalah

##submission.downloads##

Diterbitkan

2014-03-15