PENGARUH CARA BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 X KOTO SINGKARAK

Penulis

  • Rahayu Hidayati
  • Syukma Netti
  • Niniwati .

Abstrak

Dalam pembelajaran matematika beberapa siswa memiliki cara belajar matematika yang kurang baik dan hasil belajar matematika yang masih rendah. Agar  dapat memperoleh hasil belajar matematika yang baik dalam pembelajaran matematika maka diperlukan suatu kiat khusus. Salah satunya yaitu dengan memiliki cara belajar matematika yang baik. Sehingga diduga cara belajar matematika dapat mempengaruhi hasil belajar. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apakah cara belajar matematika berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMPN 3 X Koto Singkarak.

Jenis penelitian adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 X Koto Singkarak pada tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel yaitu simpel random sampling. Dengan jumlah sampel sebanyak 1 kelas yaitu kelas VIIIA. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan tes hasil belajar.

Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear dan korelasi sederhana. Persamaan regresi linier sederhana yang diperoleh Ŷ = 7,15 + 0,89X dan koefisien determinasi sebesar 36,60%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa cara belajar matematika siswa mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 3 X Koto Singkarak.

Kata Kunci: Pengaruh, Cara belajar, Matematika, Hasil belajar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-20