PENINGKATAN PARTISIPASI SISWA KELAS XI IS3 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING Di SMA 4 PARIAMAN

Penulis

  • Rizki Pratama
  • Pebriyenni .
  • Muslim .

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi didalam bertanya, menjawab pertanyaan dan menanggapi pertanyaan di kelas XI IS3 SMA 4 Pariaman guru cendrung menggunakan metode ceramah, upaya yang dapat dilakukan adalah meningkatkan partisipasi siswa melalui Problem Based Learning. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menerapkan model Problem Based Learning akan meningkatkan partisipasi siswa. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakkan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua siklus terdiri dari dua kali pertemuan, subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IS3 SMA 4 Pariaman. Berdasarkan hasil penelitian melihatkan bahwa terjadi penigkatan rata-rata partisipasi siswa dari (siklus I sampai siklus II) siklus I pertemuan I 23,57% siklus I pertemuan II 4,85% pada siklus I pertemuan pertama partisipasi siswa dalam bertanya 20,8%, menjawab pertanyaan 33,3% dan menanggapi pertanyaan 16,6% pada siklus I pertemuan kedua partisipasi siswa dalam bertanya 50% partisipasi siswa dalam menanggapi pertanyaan 41,6% dan partisipasi siswa menaggapi pertanyaan 25%. Siklus II pertemuan I rata-rata partisipasi siswa 79,16% pertemuan pertama partisipasi siswa dalam bertanya 66,66% menjawab pertanyaan 83,33% dan menanggapi pertanyaan sebanyak 79,16%, siklus II pertemuan ke II rata-rata partisipasi siswa 81,2%, pada siklus II pertemuan ke dua partisipasi siswa dalam bertanya 75%, partisipasi siswa didalam menjawab pertanyaan 91,66% dalam menanggapi pertanyaan 83,33%

Kata kunci : Partisipasi siswa, pembelajaran, model Problem based learningPelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

 

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-20