PENINGKATAN PARTISIPASI SISWA KELAS XI IPA 4 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DI SMA N I LUBUK ALUNG

Penulis

  • Khairul Rahmat
  • Pebriyenni .
  • Nurharmi .

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi siswa kelas XIIPA 4 pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA 1 Lubuk Alung. Permasalahan ditandai dengan banyaknya siswa yang tidak menjawab pertanyaan
dari guru dan bertanya kepada guru. Dari hasil wawancara,” guru cendrung menggunakan metode ceramah, ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam merumuskan
masalah, memecahkan masalah dan membuat kesimpulan dalam memecahkan masalah.
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subyek penelitian siswa kelas XI IPA 4 yang berjumlah 29 orang, Data diperoleh dengan Instrumen penelitian lembar observasi partisipasi siswa,
lembar observasi aktivitas guru, dan catatan lapangan wawancara, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian adalah partisipasi siswa merumuskan masalah pada siklus I 30,76% sedangkan pada siklus II 65,51%, partisipasi siswa dalam memecahkan masalah pada siklus I 44,82% sedangkan pada siklus II 68,96%, partisipasi siswa dalam membuat kesimpulan dalam memecahkan masalah pada siklus I 37,83%
sedangkan pada siklus II 72,41%. Hal ini berarti pelaksanaan peningkatan partisipasi siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan metode Problem Solving di kelas XI IPA 4 SMA N I Lubuk Alung berhasil.

Kata kunci: Partisipasi, Problem Solving pembelajaran PendidikanKewarganegaraan

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-20