PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN PEMBENTUKAN KONSEP DIRI PADA SISWA KELAS 4 SD NEGERI 1 PADANG SIBUSUK
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi, kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan peneliti dalam menyampaikan materi pelajaran matematika sehingga siswa tidak mengerti materi yang disampaikan, juga karena rendahnya rasa percaya diri siswa, akibatnya hasil belajar siswa rendah. Mengatasi hal tersebut diperlukan model yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mengatasi masalah ini digunakan model pembelajaran langsung dengan membentuk konsep diri.Â
Rumusan masalah adalah apakah pembelajaran matematika melalui model pembelajaran langsung dengan pembentukan konsep diri dapat meningkatkan hasil belajar matematika bagi siswa kelas 4 SDN 1 Padang Sibusuk? Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran langsung dengan pembentukan konsep diri pada siswa kelas 4 SDN 1 Padang Sibusuk.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumentnya adalah hasil ulangan harian dan lembar observasi guru. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SDN 1 Padang Sibusuk yang berjumlah 36 orang.
Hasil belajar siklus 1, rata-rata nilai UH matematika 67,2, ketuntasan belajar 58,33%. Siklus II rata-rata nilai UH matematika 86,8, ketuntasan 88,88%. Ini membuktikan pembelajaran matematika melalui model pembelajaran langsung dengan pembentukan konsep diri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN 1 Padang Sibusuk.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar guru memilih model pembelajaran langsung dengan pembentukan konsep diri untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
 Kata Kunci: Matematika, Langsung, Konsep Diri