MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS V SD NEGERI 13 BATU MANJULUR KABUPATEN SIJUNJUNG

Penulis

  • Sri Yuniati
  • Edrizon .
  • Hendrizal .

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran matematika yang masih terpusat kepada peneliti, peneliti masih menggunakan metode ceramah. Sehingga keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika sangat sedikit.

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri di kelas V SD Negeri 13 Batu Manjulur Kabupaten Sijunjung.

Hipotesis tindakan pada penelitan ini adalah: melalui model pembelajaran inkuiri dapat ditingkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 13 Batu Manjulur.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai seorang guru sehingga hasil belajar siswa meningkat.

 Berdasarkan hasil analisis lembar tes hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika diperoleh data bahwa: kemampuan siswa dalam menjawab tes hasil belajar matematika, pada siklus I belum tercapai, usaha tersebut dilanjutkan pada siklus II. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada siklus I 52,38% meningkat pada siklus II sebesar 84,21%.

Dari hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Inkuiri pada siswa kelas V SD Negeri 13 Batu Manjulur Kabupaten Sijunjung dapat meningkatkan hasil belajar matematika.

 

Kata kunci: Matematika, Hasil, Pembelajaran Inkuiri

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-20