PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP PERTIWI 1PADANG

Penulis

  • Yuta Alan Sahri
  • Nawir Muhar
  • . Gusmaweti

Abstrak

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diajarkan mengunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dengan metode konvensional di SMPPertiwi 1 Padang dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester 1 SMP Pertiwi 1 Padang yang terdiri dari empat kelas. Pengambilan sampel menggunakan  teknik purposive sampling sedangkan untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan teknik random. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data berupa lembaran tes dan lembaran pengamatan aspek afektif dan psikomotor. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji kesamaan dua rata-rata atau uji-t dimana Nilai t yang diperoleh yaitu thitung= 4,04 dan ttabel= 2,00 pada taraf kepercayaan α=0,05. Hasil belajar nilai rata-rata aspek kognitif kelas eksperimen adalah 82,60 dan kelas kontrol adalah 70,79. Untuk aspek afektif nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 89,27  dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 73,53 dan aspek psikomotor dengan rata-rata nilai eksperimen 78,24 dan pada kelas kontrol 68,46. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) lebih baik daripada hasil belajar biologi siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci : Model pembelajaran, CTL, hasil belajar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2014-08-25