PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN DISCOVERY DI KELAS IV SD NEGERI 11 KAMPUNG JUA KOTA PADANG

Penulis

  • Maridas .
  • Wince Hendri
  • Zulfa Amrina

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman peneliti mengajar di kelas IV SD Negeri 11 Kampung Jua Kota Padang, pembelajaran IPA masih didominasi oleh guru. Siswa terlihat tidak aktif dan tidak bersemangat dalam belajar. sehingga hasil belajar siswa juga rendah. Penelitian ini dilaksanakan bulan Juli di kelas IV dengan jumlah siswa 30 orang. Data penilaian diperoleh dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru  dan hasil tes akhir siklus. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap Penelitian Tindakan Kelas yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4)refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pada siklus I pelaksanaan proses pembelajaran dalam pembelajaran IPA menggunakan pendekatan discovery adalah 71,43% dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 89,29% dengan kategori sangat baik. Rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 68,1 meningkat menjadi 77,47 pada siklus II. Persentase ketuntasan siswa pada siklus I adalah 39,29%, meningkat menjadi 80% pada siklus II. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 11 Kampung Jua Kota Padang. Maka penulis menyarankan guru untuk menggunakan pendekatan discovery dalam pembelajaran IPA. 

 

Kata kunci: hasil belajar, IPA, Pendekatan, Discovery

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-20