PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MEMINDAI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 15 SUNGAI NYALO TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di lapangan, yaitu rendahnya nilai siswa yang disebabkan oleh pembelajaran yang masih bersifat konvensional sehingga siswa kurang berminat mengikuti pembelajaran. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 17 orang. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan  observasi, dan evaluasi (tes).
Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan kemampuan membaca memindai siswa dari evaluasi hasil belajar siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah  64,5 , sedangkan pada evaluasi hasil belajar siklus II rata-rata yakni 77,5, berarti mengalami peningkatan sebesar 13,0, sedangkan persentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar pada siklus I adalah 64,5% dan pada siklus II 77,5%. Berarti jumlah siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar juga meningkat sebesar 11.0% Dari hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan, dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dapat meningkatkan kemampuan membaca memindai siswa. Peneliti menyarankan agar dalam setiap pembelajaran guru dapat menggunakan pendekatan yang sesuai dengan materi pelajaran, supaya dapat menarik minat dan perhatian siswa, sehingga pelajaran jadi menyenangkan.
Â
Kata Kunci : Kemampuan, Membaca Memindai, Jigsaw