KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN OBJEK LANGSUNG SISWA KELAS VIII SMPN 18 PADANG

Penulis

  • Dessy Pratiwi
  • M. Atar Semi
  • Syofiani .

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan kurikulum tentang menulis puisi belum berjalan dengan baik terutama pada kelas VIII/7. Ini dapat dilihat dari hasil belajar pelajaran bahasa Indonesianya lebih rendah dibandingkan kelas VIII lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan puisi yang ditulis siswa meliputi, penggunaan tema, diksi, nada, dan suasana dalam puisi siswa kelas VIII SMPN 18 Padang dengan menggunakan teknik objek langsung. Teori yang digunakan sebagai penunjang penelitian yaitu : (1) pengertian puisi, (2) unsur-unsur pembentukan puisi dan, (3) teknik objek langsung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif menggunakan metode deskriptif. Dari hasil penelitian secara keseluruhan ditemukan bahwa kemampuan menulis puisi dengan objek langsung siswa kelas VIII/7 SMPN 18 Padang baik sekali (94,02%). Dari aspek penggunaan tema lebih dari cukup (73,1%), diksi lebih dari cukup (72,5%), nada baik (78,1%), dan suasana baik (76,9%). Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan teknik objek langsung siswa dapat lebih aktif dalam berimajinasi dan termotivasi untuk menciptakan puisi dengan ide-ide yang sesuai dengan objek langsung.

Kata Kunci : Puisi, Menulis Puisi, Objek Langsung

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-20