PENGARUH SIKAP DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP KARTIKA 1-6 PADANG

Penulis

  • Sri Rahayuningsih
  • Fazri Zuzano
  • Rita Desfitri

Abstrak

Masih rendahnya hasil belajar matematika sering disebabkan oleh beberapa kasus seperti terdapat beberapa siswa sibuk berbicara sewaktu guru menjelaskan materi, siswa tidak mau mengerjakan latihan didepan kelas dan tidak mempunyai catatan yang rapi serta siswa sering keluar masuk kelas sewaktu pembelajaran berlangsung. Sehingga diduga sikap dan kebiasaan belajar matematika mempengaruhi hasil belajar matematika siswa.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh sikap dan kebiasaan belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Kartika 1-6 Padang tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Kartika 1-6 Padang tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified random sampling, terpilih sampel sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana dan berganda. Dari persamaan regresi ,  dan , dapat disimpulkan bahwa secara terpisah sikap dan kebiasaan belajar matematika mempunyai pengaruh sebesar 37,21 % dan 50,41%, dan secara bersama-sama sebesar  terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Kartika 1-6 Padang. Karena sikap dan kebiasaan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika hendaknya guru memperhatikan dan membina sikap dan kebiasaan belajar siswa agar siswa memperoleh hasil belajar matematika yang baik.

Kata Kunci: Pengaruh, Sikap, Kebiasaan, Hasil belajar matematika

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-20