PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERNUANSA DIALOG BERGAMBAR PADA MATERI SISTEM HORMON DI SMAN I LIMBUR LUBUK MENGKUANG KABUPATEN BUNGO JAMBI

Penulis

  • Irwan Julyal
  • . Gusmaweti
  • . Azrita

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran bernuansa dialog bergambar pada materi sistem hormon di SMAN I Limbur Lubuk Mengkuang yang valid dan praktis Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan tiga tahap dari 4-D Model , yaitu tahap define (pendefinisian), desain (perancangan), dan develop (pengembangan). Modul yang dikembangkan divalidasi oleh 4 (empat) orang validator dan untuk praktikalitas dilakukan oleh 1 (satu) orang guru mata pelajaran biologi dan 33 orang siswa kelas XI IPA SMAN 1 Limbur Lubuk Mengkuang. Data penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas, kemudian data dianalisis dengan analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan modul dengan uji validitas dari empat orang validator sebesar 97% dengan kriteria sangat valid dan uji praktikalitas modul dari guru sebesar96% dengan kriteria sangat praktis, sedangkan praktikalitas modul dari siswa92% dengan kriteria sangat praktis. Kriteria bahan ajar berupa modul bernuansa dialog bergambar pada materi sistem hormon di SMAN I Limbur Lubuk Mengkuang adalah sangat valid dan sangat  praktis dalam arti modulyang dikembangkan mudah digunakan, bermanfaat dan waktu pembelajaran menjdi lebih efisien. Guru dan siswa dapat menggunakan modul bernuansa dialog bergambar ini sebagai media pembelajaran pada materi sistem hormon.

Kata Kunci :  Modul, dialog, valid dan parktis

##submission.downloads##

Diterbitkan

2014-08-27