PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA SMA N 1 SICINCIN

Penulis

  • Ayu Desiana
  • Gusmaweti .
  • Wince Hendri

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru, sehingga hasil belajar masih dibawah KKM seperti yang ditetapkan 70. Tujuan penelitian ini yaitu melihat perbedaan hasil belajar menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe TAI, dalam pembelajaran TAI ini siswa dibentuk kelompok-kelompok tetapi dalam mengerjakan latihan siswa sendirisendiri, yaitu dengan pembelajaran Konvesional. Jenis penelitian ini eksperimen
dengan menggunakan rancangan penelitian randomized Control Group Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Sicincin. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan Purposive Sampling.
Sedangkan penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara Random, sehingga didapat kelas X2 sebagai eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 31 orang. Instrumen yang digunakan dalam pelitian ini adalah tes hasil belajar siswa yang diperoleh pada akhir kegiatan penelitian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t pada
α 0,05. Berdasarkan analisis data berupa uji hipotesis yang dilakukan. Diperoleh thitung 1,46 dan ttabel 1,815 oleh karena itu thitung > ttabel maka hipotesis diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan bahwa pada kelas Eksperimen memberikan hasil belajar yang baik dibandingkan pada kelas Kontrol. Saran dari penelitian ini adalah guru dapat menerapkan Model Pembelajaran Koperatif Tipe TAI sebagai variasi dalam Pembelajaran 

Kata Kunci: Kooperatif TAI, Hasil Belajar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-20