PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PENDEKATAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN PAYAKUMBUH

Penulis

  • Afrilia Ramadhani
  • Fazri Zuzano
  • Fauziah .

Abstrak

Penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas VII MTsN Payakumbuh adalah kurangnya keaktifan dan keberanian siswa dalam menyampaikan pendapatnya. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan inkuiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII MTsN Payakumbuh. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VII MTsN Payakumbuh Tahun Pelajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas (kelas eksperimen) dan kelas  (kelas kontrol) yang diambil secara acak. Instrumen yang digunakan adalah lembar aktivitas dan tes hasil belajar. Aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen secara umum mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya. Analisis data hasil belajar siswa diperoleh  dan . Karena  >  maka hipotesis yang diajukan diterima yaitu hasil belajar matematika siswa yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan inkuiri lebih baik dari hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, Kooperatif Jigsaw, Inkuiri

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-20