PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN DI KELAS IV SDN 16 TELUK KASAI KABUPATEN PESISIR SELATAN

Penulis

  • Busman .
  • Yusrizal .
  • Zulfa Amrina

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sering menggunakan model pembelajaran konvensional, dimana guru selalu menjadi pusat pembelajaran (teaching centered) sehingga hasil belajar PKn siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan metode bermain peran.

Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru, hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 16 Teluk Kasai.

Dari hasil penelitian terlihat bahwa dengan menggunakan metode bermain peran pada siklus I hasil belajar siswa yang dilakukan pada penilaian hasil pada siklus I diperoleh nilai dengan rata-rata 65,3. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa pada siklus II yaitu pada penilaian hasil diperoleh nilai dengan rata-rata 84,3.

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk itu peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan dan memilih pendekatan, metode, teknik dan strategi yang sesuai atau relevan dalam mengajar, diantaranya dapat menggunakan metode bermain peran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci : Hasil, PKn, Bermain Peran

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-20