PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS III SDN 15 BUNGA PASANG KEC. IV JURAI KAB. PESISIR SELATAN
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas siswa dalam belajar dan rendahnya hasil ulangan harian matematika semester I, disebabkan oleh faktor guru dalam pemilihan model pembelajaran, metode dan media belum tepat. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III pada pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jenis penelitian adalah tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian siswa kelas III yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian lembar Observasi Aktivitas siswa dan Guru, tes hasil belajar siswa dan catatan lapangan. Hasil belajar siswa pada siklus I, diperoleh ketuntasan yaitu 45 % dengan nilai rata-rata 62,64. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa 80 % dengan nilai rata-rata yaitu 81,25. Dari perbandingan kedua siklus terdapat peningkatan sebesar 18,61 %, berarti bahwa target penelitian telah tercapai. Berdasarkan hasil yang diperoleh, disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan dan memilih pendekatan, metode, teknik dan strategi yang sesuai atau relevan dalam mengajar diantaranya dapat menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Â
Kata Kunci: Peningkatan, Aktivitas, Model TPS