STRUKTUR DAN GAYA BAHASA IKLAN KORAN SINGGALANG

Penulis

  • Abdi Tunggal Rosel
  • Hasnul Fikri
  • Elvina A Saibi

Abstrak

ABSTRAK

 

          Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan struktur iklan di Koran Singgalang,  (2) mendeskripsikan gaya bahasa iklan di Koran Singgalang, dan (3)  mendeskripsikan hubungan antara struktur iklan dan gaya bahasa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Edmon tentang struktur iklan. Pada gaya bahasa, semua teori dikemukakan oleh   Keraf tentang pengertian dan jenis gaya bahasa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.  

            Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan tiga hal. Pertama, iklan dalam Koran Singgalang memiliki struktur yang lengkap, yaitu headline, subheadline, dan amplifikasi. Kedua, gaya bahasa yang terdapat dalam iklan Koran Singgalang bervariasi jenisnya yaitu (1) gaya bahasa personifikasi. (2) gaya bahasa metonimia. (3) gaya bahasa innuendo. (4) gaya bahasa tautologi. (5) gaya bahasa hiperbola. (6) gaya bahasa paradoks. Gaya bahasa yang paling dominan digunakan dalam iklan di Koran Singgalang adalah gaya bahasa hiperbola. Ketiga, hubungan antara struktur iklan dengan gaya bahasa iklan di Koran Singgalang ditemukan saling mendukung. Dengan adanya gaya bahasa pada struktur iklan, akan membuat iklan tersebut lebih bervariasi dan menarik.

Kata Kunci: Iklan, struktur iklan, gaya bahasa.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-21