PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS PUISI SISWA KELAS VII.3 DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DI SMP NEGERI 1 SUTERA PESISIR SELATAN
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menyatakan bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar menulis puisi siswa kelas VII.3 di SMP Negeri 1 Sutera Pesisir Selatan dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri. Teori yang digunakan adalah (1) pendapat Slameto teori metode pembelajaran inkuiri, dan (2) pendapat M. Atar Semi teori puisi dan unsur-unsur pembentukan puisi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus 1 dan siklus II, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 64,51% meningkat menjadi 93,54% pada siklus II (meningkat sebesar 29,03%), (2) ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 51,61% meningkat menjadi 77,41% pada siklus II (meningkat sebesar 25,8%). Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menulis puisi siswa kelas VII.3 di SMP Negeri 1 Sutera Pesisir Selatan.
Kata Kunci: Aktivitas, hasil belajar, menulis puisi, dan metode inkuiri.