PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS III DENGAN TEMA DIRI SENDIRI DI SDN 25 KOTO SANI KABUPATEN SOLOK
Abstrak
PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS III DENGAN TEMA
DIRI SENDIRI DI SDN 25 KOTO SANI
KABUPATEN SOLOK
OktarinaRoza*),Nurharmi**), Yulfia Nora**)
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Bung Hatta
Email: oktarinaroza10@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya aktivitas lisan dan aktivitas emosional siswa dalam menanggapi jawaban yang telah disampaikan teman. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan menanggapi jawaban teman dengan tema diri sendiri melalui penerapan metode talking stick di kelas III SDN 25 Koto Sani Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas III SDN 25 Koto Sani Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solo k sebanyak 15 orang pada semester II tahun pelajaran 2013/2014. Instrumen penelitian adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan guru dengan rata-rata persentase dari 43,33% pada siklus I menjadi 76,67% pada siklus II dan peningkatan aktivitas siswa dalam menanggapi jawaban teman dengan rata-rata persentase dari 36,67% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa metode talking stick dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan menanggapi jawaban teman, sehingga disarankan agar guru dapat menerapkannya dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Aktivitas, Talking Stick