PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DI SD NEGERI 08 SELAYO KABUPATEN SOLOK
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai siswa yang disebabkan karena kurangnya aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pelajaran serta saat pembelajaran berlangsung guru lebih dominan menggunakan metode ceramah.Akibatnya aktivitas siswa dalam pembelajaran masih rendah.
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan metode Problem Solving.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V pada pembelajaran Matematika melalui metode Problem Solving.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V, yang berjumlah 24 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi proses pelaksanaan pembelajaran oleh guru.
Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 55,84% dan pada siklus II rata-rata persentase  aktivitas siswa sebesar 67,92%. Hal ini berarti, pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa sudah me ningkat.
Dari penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika dengan Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Matematika.
Â
Kata kunci: Matematika, Problem Solving, Aktivitas