NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PANTUN MINANGKABAU
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa dalam sastra tradisional terdapat nilai-nilai pendidikan, termasuk pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang nilai-nilai pendidikan karakter dalam pantun Minangkabau. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah pantun Minangkabau yang terdapat dalam buku Keajaiban Pantun Minangkabau Arti dan Tafsir karya H Darwis SN Sutan Sati. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa dari pantun Minangkabau yang dianalisis terdapat empat belas jenis nilai pendidikan karakter yang dapat dirinci sebagaiberikut(1) dalam pantun adat ditemukan nilai pendidikan karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, peduli lingkungan dan tanggungjawab, (2) dalam pantun nasihat ditemukan nilai pendidikan karakterreligius, jujur, kerjakeras, demokratis, rasa ingintahu, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, tanggung jawab dan,(3) dalam pantun agama ditemukan nilai pendidikan karakter religius, disiplin, demokratis, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Sedangkan nilai pendidikan karakter yang paling banyak ditemukan adalah nilai tanggung jawab. Ada empat nilai pendidikan karakter yang tidak ditemukan yaitu nilai kreatif, gemar membaca, semangat kebangsaan dan peduli sosial.
Kata Kunci :Nilai Pendidikan Karakter, Pantun Minangkabau.