KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 PADANG
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi dengan media gambar siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang yang berjumlah 27 orang dilihat dari unsur alur, latar, dan sudut pandang. Teori yang digunakan adalah teori yang dikemukakan oleh M. Atar Semi dan Burhan Nurgiyantoro tentang seluk beluk narasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan penelitian dan analisis yang dilakukan ditemukan bahwa siswa mampu menulis karangan narasi berdasarkan penggunaan alur, latar, dan sudut pandang. Hal ini terlihat dari karangan narasi yang ditulis oleh siswa rata-rata menggunakan alur, latar, dan sudut pandang. Hanya saja dalam melukiskan latar sosial siswa kurang mampu menuangkan ide dalam menulis karangan narasi karena kurang paham. Dari penggunaan sudut pandang yang paling banyak digunakan adalah sudut pandang persona ketiga. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang dalam menulis karangan narasi dengan media gambar sesuai dengan penggunaan alur, latar, dan sudut pandang sebanyak 21 orang siswa atau (77,8%).
Kata kunci: Menulis Karangan Narasi, Media Gambar