Peningkatan Hasil Belajar Bangun Ruang Melalui Pendekatan CTL Pada Siswa Kelas V SDN 29 Taratak Tempatih Kecamatan Batang Kapas, Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Bung Hatta

Penulis

  • Maininar .
  • Zulfa Amrina
  • Pebriyenni .

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi dan model pembelajaran yang digunakan pada umumnya bersifat konvensional, hasil belajar yang dicapai kurang memuaskan. Berdasarkan data nilai matematika kelas V, masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah standar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar bangun ruang melalui pendekatan CTL  pada siswa kelas V SDN 29 Taratak Tempatih.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Ada 4 tahap PTK antara lain: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, data penelitian ini berupa hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru, tes awal dan tes akhir pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V.

Hasil penelitian siklus I perolehan nilai hasil belajar siswa adalah 74, sedangkan pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar siswa 83. Dari hasil akhir proses pembelajaran, nilai yang diperoleh oleh siswa telah terjadi peningkatan.

Dapat disimpulkan penelitian ini menunjukkan bahwa, penggunaan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar bangun ruang di kelas V tercapai dengan baik. Peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan pendekatan CTL untuk meningkatkan hasil belajar siswa.    

Kata Kunci : Hasil Belajar, Bangun Ruang, Pendekatan CTL

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-21