Penggunaan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 21 Limau Sundai.
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh peneliti dalam pemilihan strategi pembelajaran, metode dan media belum tepat, hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dalam dalam pembelajaran matematika. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada siswa Kelas III SDN 21 Limau Sundai. Tujuan penelian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah siswa kelas III SDN 21 Limau Sundai.
Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi guru dan tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 21 Limau Sundai dengan jumlah siswa 26 orang.
Data yang diperoleh dari hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan siklus 1 adalah 66% dan siklus 2 adalah 77%. Pada lembar aktivitas guru siklus I diperoleh nilai rata-rata 78,12, siklus 2 nilai aktivitas guru diperoleh nilai rata-rata 85,15.
Disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunanakan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat memilih strategi yang tepat dalam mengajar.
Â
Kata kunci: Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Matematika