KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMP SAHARA PADANG

Penulis

  • Elvira Husen
  • Syofiani .
  • Gusnetti .

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi pada kurangnya motivasi siswa dalam menulis khususnya dalam menulis pantun. Teori yang digunakan adalah Edwar (1998) tentang pantun, Tarigan (2005, 2008).  Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah siswa  kelas VII SMP Sahara Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan cara (1) peneliti menugaskan siswa membuat pantun sesuai dengan jenis pantun yang dipilih, (2) mengumpulkan hasil tugas siswa, (3) mengelompokkan data ke dalam tabel. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMP Sahara Padang. Hasil analisis data ditemukan bahwa siswa kelas VII SMP Sahara Padang  sudah mampu menulis pantun yang berisi 6 pantun anak-anak, 5 pantun orang tua,  dan 5 pantun muda mudi. Dari ketiga jenis pantun yang ditulis oleh siswa, sudah mempunyai sampiran dan isi yang bersajak ab-ab. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum kemampuan menulis siswa SMP Sahara Padang sudah baik dalam menulis pantun.

Kata Kunci : Kemampuan Menulis Pantun.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-21