PENGARUH MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS X MAN MUKOMUKO

Penulis

  • Syahril Ramli
  • Yusrizal .
  • Muslim .

Abstrak

Abstrak

 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisispasi di dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan menanggapi pertanyaan di kelas X MAN Mukomuko guru cenderung menggunakan metode ceramah, upaya yang dapat dilakukan adalah meningkatkan partisipasi siswa melalui model Team Assisted Individualization (TAI). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menerapkan model Team Assisted Individualization akan meningkatkan partisipasi siswa. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu, kelas eksperimen dan kelas kontrol terdiri dari lima kali pertemuan, subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X1 dan X2 MAN Mukomuko. Berdasarkan hasil penelitian melihatkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata partisipasi siswa dari pertemuan pertama 72%, pertemuan kedua 76%, pertemuan ketiga 88%, pertemuan keempat 96%, dan pertemuan kelima 100%  partisipasi siswa dalam bertanya, pertemuan pertama 64%, pertemuan kedua 64%, pertemuan ketiga 72%, pertemuan keempat 72%, dan pertemuan kelima 76% partisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan, pertemuan pertama 64%, pertemuan kedua siswa dalam menanggapi pertanyaan.

 

Kata kunci : Model Team Assisted Individualization, Partisipasi, Pendidikan Kewarganegaraan

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-21