Peningkatan Hasil Belajar Bangun Datar dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 21 Limau Sundai Pesisir Selatan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Bung Hatta.

Penulis

  • Nursiah .
  • Zulfa Amrina
  • Pebriyenni .

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi dan model pembelajaran yang digunakan pada umumnya bersifat konvensional, sehingga proses pembelajaran kurang menarik bagi siswa dan hasil belajar yang dicapai kurang memuaskan, masih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah standar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran bangun datar dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas IV  SDN 21 Limau Sundai Pesisir Selatan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan aktivitas guru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 26 orang.

Nilai rata-rata siswa pada skor dasar 50,6, diadakan tindakan pada siklus I meningkat dengan rata-rata 69. Kemudian diadakan lagi tindakan pada siklus II, dengan rata-rata nilai siswa mencapai 83.

Dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar bangun datar siswa pada kelas IV. Peneliti menyarankan agar guru dapat melaksanakan proses pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan tujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci : Matematika, Hasil Belajar, Bangun datar, Kooperatif Tipe Jigsaw

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-21