PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE DI KELAS V MIN GANTUNG CIRI

Penulis

  • Fafriza .
  • Gusmaweti .
  • Erwinsyah Satria

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar IPA siswa kelas V MIN Gantung Ciri. Beberapa faktor menyebabkan rendahnya motivasi siswa yang disebabkan karena metode yang digunakan oleh guru masih konvensional. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model Picture and Picture dalam meningkatkan motivasi memperhatikan guru,

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas V MIN Gantung Ciri dengan jumlah siswa 31 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah format observasi proses pembelajaran oleh guru, format observasi untuk siswa, angket motivasi siswa, dan tes hasil belajar.

Hasil analisis data, jumlah siswa yang memiliki motivasi dalam mengerjakan tugas adalah 60% pada siklus I, meningkat menjadi 89,46% pada siklus II. Hal ini terjadi peningkatan sebanyak 29,46%. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui Model Picture And Picture meningkat. Jumlah siswa yang memiliki nilai di atas KKM (51,61%) pada siklus I meningkat menjadi (83,86%) pada siklus II.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA dengan model Picture and Picture dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V MIN Gantung Ciri. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan Model Picture And Picture dalam proses pembelajaran IPA untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: Motivasi, Hasil, Picture And Picture, IPA

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-21