PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBERIAN KUIS DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN 01 KOTO PULAI
Abstrak
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan basil belajar 11mu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa, di Kelas V SDN 01 Koto Pulai. penelitian. ini dilaksanakan di kelas V SDN 01 Koto Pulai, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Subjek penelitian berjumlah 28 orang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pemberian kuis dan dilakukan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Instrumen penelitian berupa teks soal yang berbentuk objektif essay dan lembaran observasi. Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan aktivitas dan basil belajar. Aktivitas belajar dari menjawab kuis dengan benar 67,9% menjadi 91,1% menanggapi penjelasan tentang kuis dari 35,7% menjadi 57,1%, mengerjakan kuis dengan tenang dari 33,9% menjadi 60,7% dan menjawab kuis dengan waktu singkat dari 62,5% menjadi 76,8% begitu juga dengan rata-rata basil belajar 67,4% pada siklus I naik menjadi 81,48% pada siklus II. Berdasarkan. basil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pemberian kuis dapat meningkatkan basil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN 01 Koto Pulai. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi guru dan pembaca dalam rangka meningkatkan basil belajar siswa di kelas. Sedangkan bagi s1swa, agar dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran serta melatih siswa untuk bersosialisasi dengan temannya.
Â
Kata kunci: Aktivitas, Hasil, Pemberian Kuis