PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN PKn DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI DI KELAS V SDN 31 SUNGAI SARIK KECAMATAN IV JURAI PESISIR SELATAN

Penulis

  • Dori Andika
  • Nurharmi .
  • Khairul Harha

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang aktif dan cenderung hanya sebagai pendengar, menyebabkan siswa banyak yang bosan mengikuti pembelajaran. Kegiatan pembelajaran tidak berjalan sebagaimana mestinya karena guru yang banyak beraktivitas. Hal tersebut berdampak rendahnya nilai hasil belajar siswa.  Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa saat pembelajaran PKn dengan menggunakan metode Inkuiri di kelas V. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan (satu kali pertemuan untuk tes akhir). Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester II tahun ajaran 2012-2013 berjumlah 13 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kegiatan guru, lembar aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Berdasarkan analisis lembar aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II diperoleh rata-rata persentase sebagai berikut: Siswa memperhatikan penjelasan guru 61,36%, Siklus II 93,18%, siswa bertanya tentang pembelajaran 43,18%,Siklus II 77,17%,  siswa menanggapi pembelajaran 45,45%, siklus II 84,09% siswa berperan dalam diskusi 47,72%, siklus II 81,81%.  Hal ini pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan Metode Inkuiri di kelas V SDN 31 Sungai Sarik berlangsung baik. Dari hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan pembelajaran PKn dengan menggunakan Metode Inkuiri dapat meningkatkan proses pembelajaran siswa.

Kata Kunci:   Peningkatan, PKn, Metode Inkuiri.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-21