PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VA MELALUI MODEL GUIDED NOTE TAKING DI SD NEGERI 21 BATANG ANAI

Penulis

  • Hafizah Agus
  • Nurharmi .
  • Hendrizal .

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterlibatan dan pemahaman siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir dalam pembelajaran IPS, akibatnya, pelaksanaan proses pembelajaran siswa untuk mengikuti pembelajaran rendah. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan model Guided Note Taking.

Rumusan masalah penelitian adalah Bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa dalam kegiatan mendengarkan penyajian bahan ajar dan menulis yaitu mengerjakan tes dan membuat rangkuman pada pembelajaran IPS melalui Model Guided Note Taking.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara partisipan. Subjek penelitian adalah siswa kelas Va yang berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembaran observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil aktivitas siswa dan aktivitas guru sebagai berikut: analisis lembar observasi aktivitas pembelajaran siswa pada siklus I 53,12%, siklus II 76,31% untuk indikator mendengarkan bahan ajar, untuk indikator mengerjakan tes siklus I 49,99% siklus II 72,93%, untuk indikator membuat rangkuman 29,68%. siklus II 74,98%. Rata-rata nilai UH siklus I 31,03% siklus II 58,06%.

Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS melalui Model Guided Note Taking dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa. Peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan Model  Guided Note Taking untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa.

 

Kata kunci: aktivitas, model Guided Note Taking.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-21