PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DI SD KARTIKA I-11 PADANG

Penulis

  • Satrimansyah .
  • Edrizon .
  • Yulfia Nora

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Kartika I-11 Padang. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyelesaikan permasalahan sesuai dengan kemampuan siswa. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan pendekatan open-ended. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV melalui pendekatan open-ended di SD Kartika I-11 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Kartika I-11 Padang yang berjumlah 29 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar matematika siswa dari siklusi I yaitu 60,71% meningkat pada siklus II menjadi 75,86%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas IV dapat ditingkatkan melalui pendekatan open-ended di SD Kartika I-11 Padang.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Open-Ended

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-21