PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BAGI SISWA KELAS IV SDN 30 LUBUK ALUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Penulis

  • Noviawati .
  • Marsis .
  • WirnitaEska .

Abstrak

Penelitian ini berawal dari permasalahan berikut: (1) rendahnya kemampuan siswa dalam menemukan ide yang akan ditulisnya ke dalam bentuk karangan sehingga karangan yang ditulis siswa hanya seadanya, (2)  rendahnya kemampuan siswa dalam memadukan hubungan antar kalimat, (3) rendahnya kemampuan siswa dalam penggunaan ejaan dan tanda baca. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatkan keterampilan menulis narasi dengan model pembelajaran Picture and Picture pada tahap pramenulis, saat menulis, dan pascamenulis bagi siswa kelas IV SDN 30 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman?.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model pembelajaran yang digunakan model pembelajaran Picture and Picture. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa dengan jumlah siswa 40 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus

Hasil penelitian dari setiap siklus adalah siklus I rata-rata nilai siswa, pada tahap pramenulis 62,3, pada tahap saat menulis 59,6, dan pada tahap pascamenulis 59,6. Setelah tindakan siklus II rata-rata nilai siswa, pada tahap pramenulis 80,5, pada tahap saat menulis 80,1, dan tahap pascamenulis 80,3.

Peneliti mengambil kesimpulan bahwa model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 30 Lubuk Alung.

 Kata kunci: picture and picture,Bahasa Indonesia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-21