PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETARAMPILAN PROSES DI KELAS IV SDN 02 SIKUMBANG KECAMATAN SUNGAI PAGU KABUPATEN SOLOK SELATAN

Penulis

  • Yasriati .
  • Farida F
  • Erwinsyah Satria

Abstrak

Penelitian dilatarbelakangi dari kenyataan di SDN 02 Sikumbang bahwa pembelajaran sering didominasai oleh guru, siswa hanya diam mendengarkan, dan kadang-kadang meribut, serta mengganggu teman. Sehingga hasil belajar IPA siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 02 Sikumbang Kecamatan Sungai Pagu.

Penelitian tindakan kelas dilakukan 2 siklus secara kolaboratif antara peneliti dan teman sejawat. Data penelitian berupa proses dan hasil belajar yang diperoleh dari pangamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Kegiatan pendekatan keterampilan proses terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tindak lanjut. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 02 Sikumbang.

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 02 Sikumbang. Perolehan skor siklus I meliputi: hasil belajar kognitif 67% dan rata-rata 63%, afektif 72%, psikomotor 72%. Sedangkan siklus II meliputi: hasil belajar kognitif 86% dan rata-rata 77, afektif 84%, psikomotor 83%. Dari hasil belajar siklus I diperoleh persentase ketuntasan klasikal 70% dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 84%. Disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : IPA, Pendekatan Keterampilan Proses, Hasil Belajar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-21