ANALISIS PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI UNIVERSITAS BUNG HATTA PADANG

Penulis

  • Elsadday Trifosa Purba
  • Gusmaweti .
  • Azrita .

Abstrak

ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan proses pembelajaran mahasiswa calon guru biologi Universitas Bung Hatta Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi penelitian sebanyak 42 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Instrumen penelitian berupa angket untuk menganalisis pelaksanaan proses pembelajaran mahasiswa calon guru biologi Universitas Bung Hatta Padang. Penelitian ini dilaksanakan pada April –Mei 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesulitan terhadap perencanaan proses pembelajaran oleh mahasiswa calon guru biologi dikategorikan sangat mudah (96,86%), tingkat kesulitan terhadap pelaksanaan proses pembelajaran oleh mahasiswa calon guru biologi dikategorikan sangat mudah (92,31%), namun pada indikator kegiatan inti  yaitu mengajar dengan suasana kelas yang kondusif (pengelolaan kelas) dikategorikan sulit (58,33%), tingkat kesulitan terhadap penilaian hasil pembelajaran oleh mahasiswa calon guru biologi dikategorikan sangat mudah (91,46%), tingkat kesulitan  terhadap pengawasan proses pembelajaran oleh mahasiswa calon guru biologi dikategorikan mudah (80,35%). Rata- rata secara keseluruhan untuk pelaksanaan proses pembelajaran oleh mahasiswa calon guru biologi 90,24% yang dikategorikan sangat mudah. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada mahasiswa calon guru biologi agar menguasai 10 keterampilan dasar guru terutama keterampilan mengelola kelas.

 

 

Key Word : Proses pembelajaran, perencanaan, pelaksanaan, penilaian, pengawasan, calon guru

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-06-24