PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION DI SD NEGERI 33 BATIPUH
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya aktivitas belajar siswa, guru masih menggunakan model yang bersifat konvensional sehingga membuat siswa tidak bersemangat dalam belajar IPS. Hal ini dapat mengakibatkan kurangnya aktivitas siswa dalam mengerjakan LKS, menyimpulkan hasil diskusi, dan menanggapi hasil diskusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pempelajaran IPS. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas IV, yang berjumlah 17 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan pembelajaran guru, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan catatan lapangan. Hasil penelitian diperoleh, terjadi peningkatan rata-rata presentase aktivitas belajar siswa dalam mengerjakan LKS yaitu dari 61,76% pada siklus I meningkat menjadi 91,17% pada siklus II. Presentase aktivitas menanggapi hasil diskusi yaitu dari 38,23% pada siklus I meningkat menjadi 85,29% pada siklus II. Serta presentase aktivitas menyimpulkan hasil diskusi yaitu 50% pada siklus I meningkat menjadi 85,29% pada siklus II. Hal ini berarti target indikator dalam penelitian ini berhasil dan pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model Group Investigation berlangsung dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa aktifitas belajar siswa pada pembelajaranan IPS dapat ditingkatkan malalui model Group Investigation.
Kata kunci : Aktivitas, Group Investigation, IPS.