PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II C PADA TEMA PERISTIWA DENGAN MODEL ROLE PLAYING DI SD NEGERI 10 SUNGAI SAPIH KOTA PADANG

Penulis

  • PUTRI UMUL KHAIR
  • Muhammad Sahnan
  • Hidayati Azkiya

Abstrak

Aspek afektif kerja sama dan mengerjakan tugas (LKS) pada siklus I53,57meningkat menjadi 76,19 pada siklus II. Hasil belajar Pada siklus I, siswa 57,14 meningkat Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas II C diSD Negeri 10Sungai Sapih Kota Padang. Hal ini dikarenakan siswa kurang memperhatikan guru dalam memberikan materi sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas II Cdengan model pembelajaran role playing di SD Negeri 10Sungai Sapih Kota Padang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dengan subjek, siswa kelas II C SD Negeri 10Sungai Sapih Kota Padangyang berjumlah 42 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar aspek afektif siswa, dan tes hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran pada tema peristiwadenganmodel pembelajaran role playingkelas II C berlangsung dengan baik. Terlihat pada tindakan pembelajaran pada siklus I, rata-rata jumlahmenjadi 78,57 pada siklus II. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran role playingdapat meningkatkan hasil belajar pada tema peristiwa siswa kelas II C SD Negeri 10Sungai Sapih Kota Padang.

Kata kunci: hasil belajar, role playing, tema peristiwa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-06-24