PENGARUH TEKNIK TALKING CHIPS TERHADAP AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMPN 6 X KOTO SINGKARAK

Penulis

  • Anisil .
  • Yusrizal .
  • Sismai Herni

Abstrak

Abstrak

 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas siswa di dalam menjawab pertanyaan, membuat rangkuman dan menarik kesimpulan di kelas VIII di SMPN 6 X Koto Singkarak, guru cendrung mengunakan metode ceramah, upaya yang dapat dilakukan adalah meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui teknik talking chips. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menerapkan teknik talking chips akan meningkatkan aktivitas siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu, kelas eksperimen dan kelas control terdiri dari tiga kali pertemuan., subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII 1 dan VIII 2 SMPN 6 X Koto Singkarak. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh persentase aktivitas lisan siswa menjawab pertayaan pada pertemuan I adalah 21,05%, pertemuan II 36,84%, pertemuan III 89,47%. Aktivitas siswa menulis membuat rangkuman pada pertemuan I adalah 36,84%, pertemuan II 78,94, pertemuan III 84,21%. Aktivitas mental siswa yakni menarik kesimpulan pada pertemuan I adalah 26,31%, pertemuan II 42,10%, pertemuan III 57.89%. Hasil yang diperoleh adanya peningkatan aktivitas belajae siswa. Kemudian dat tes akhir kedua kelas sampel terdiri dari 4 butir soal esay, pengujian hipotensis digunakan uji normalitas dan uji homgenitas dengan rumus T-tes. Dari analisis diperoleh T-hitung = 3,39 dan T-tabel 2,00 pada taraf nyata 0,05, artinya hipotesis diterima.         

Kata kunci : Aktivitas, Teknik Talking Chips, Pembelajaran.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-21