PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV MELALUI MODEL DIRECT WRITING ACTIVITIES DI SDN 08 KINALI KABUPATEN PASAMAN BARAT

Penulis

  • silvia Anggraini
  • yetty morelent
  • rona taula sari

Abstrak

Tujuan penelitian mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi dengan menggunakan model direct writing activities di kelas IV SDN 08 Kinali, Kabupaten Pasaman Barat. Teori yang dijadikan acuan pada kemampuan menulis karangan narasi adalah pendapat yang dikemukakan oleh Tarigan (2005), model direct writing activities menggunakan pendapat Muhammadi (2011). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 08 Kinali, Kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah 23 orang. Instrumen penelitian adalah lembar observasi kegiatan pengajaran guru, tes hasil belajar kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata hasil belajar kemampuan menulis karangan narasi siswa pada siklus I yaitu 70,21, dan meningkat menjadi 75,43 pada siklus II. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis karangan narasi siswa dengan menggunakan model direct writing activities meningkat sesuai dengan KKM yang ditetapkan.

 

Kata kunci: kemampuan menulis karangan siswa, pembelajaran bahasa Indonesia,   model direct writing activities

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-06-25